Lompat Jauh



Mempengaruhi Pengertian, Teknik, Faktor Yang

Lompat Jauh Secara umum, gerakan melompat dapat dikelompokan menjadi 2 bagian yaitu lompat jauh dan lompat tinggi. Kedua jenis Lompatan ini dilakukan dengan menggunakan satu kaki tolakan. Namun, dalam penelitian ini akan dibahas mengenai lompat jauh.
http://jhoeydhyn.blogspot.com/
Lompat jauh merupakan salah satu aktivitas pengembangan akan kemampuan daya gerak yang dilakukan, dari satu tempat ke tempat lainnya. Dalam lompat jauh terdapat tiga macam gaya yaitu : Lompat Jauh gaya Jongkok (tuck), gaya menggantung (hang style), dan gaya jalan di udara (walking in the air). Gaya-gaya lompat jauh mengatur sikap badan sewaktu melayang di udara. Oleh karena itu teknik lompat jauh sering disebut juga gaya lompat jauh.


Perlu diketahui bahwa yang menyebabkan adanya perbedaan adanya perbedaan dari ketiga gaya tersebut sebenarnya hanya terdapat pada sat badan melayang di udara saja. Jadi mengenai awalan, tumpuan dan cara melakukan pendaratan dari ketiga gaya tersebut pada prinsipnya sama.

Mengenai unsur-unsur yang berpengaruh terhadap kemampuan seseorang dalam melakukan lompat jauh meliputi daya ledak, kekuatan, kelincahan, keseimbangan dan lain-lain.

Drs. Eddy Suparman menjelaskan bahwa unsur pokok dalam lompat jauh adalah sebagai berikut :
1.    Harus dapat membangkitkan daya momentum yang sebesar-besarnya.
2.    Harus dapat memindahkan momentum gaya horizontal dan vertical.
3.    Harus dapat mempersatukan gaya tersebut dengan tenaga badan pada saat melakukan       tolakan.
4.    Harus dapat menggunakan titik berat badan seefisien mungkin.








injauan secara teknik pada lompat jauh meliputi empat masalah yaitu : Cara melakukan awalan, Tolakan (Tumpuan), Melayang di udara dan Pendaratan.



a.    Awalan

Awalan adalah suatu gerakan dalam lompat jauh dilakukan dengan lari secepat-cepatnya yang dilakukan untuk mendapatkan kecepatan setinggi-tingginya sebelum melakukan tolakan. Dapat juga dikatakan, awalan adalah usaha mendapatkan kecepatan horizontal setinggi-tingginya yang diubah menjadi kecepatan vertikal saat melakukan tolakan (Drs. Eddy Suparman, 1999).

Menurut (Drs. Eddy Suparman, (1995 : 44) hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan awalan adalah :
  1. Jarak awalan tergantung dari kemampuan masing-masing atlet bagi pelompat dalam jerak pendek sudah mampu mencapai kecepatan maksimal (full speed) maka jarak awalan cukup dekat / pendek saja (sekitar 30-35 meter atau kurang dari ini). Sedangkan bagi atlet lain yang jarak relatif jauh baru mencapai kecepatan maksimal, maka jarak awalan harus lebih jauh lagi (sekitar 30-45 meter atau lebih jauh dari itu). Bagi pemulasudah barang tentu jarak awalan lebih pendek dari ancar-ancar tersebut.
  2. Posisi saat berdiri pada titik awalan kaki dapat sejajar atau salah satu kaki ke depan. Hal ini tergantung dari kebiasaan masing-masing atlet.
  3. Cara pengambilan awalan mulai pelan, kemudian cepat (sprint).Kecepatan ini harus dipertahankan sampai menjelang bertumpu / menolak.
  4. Setelah mencapai kecepatan maksimal, maka kira-kira 3-4 langkah terakhir bertumpu (take off) gerakan lari dilepas begitu saja tanpa mengurangi kecepatan yang telah dicapai sebelumnya. Pada 3-4 langkah terakhir ini perhatian dan tenaga yang dicurahkan untuk melakukan tumpuan pada papan / balok tumpu.

Cara mengambil awalan dalam Lompat Jauh antara lain dilakukan dengan jalan sebagai berikut:
  1. Si pelompat mencoba beberapa kali melakukan lari secepat-cepatnya dari permulaan tempat berdiri (tempat/tanda pada waktu akan melakukan awalan) ke papan tolakan sampai tempat pada papan tolakan diukur jaraknya.
  2. Si pelompat mencoba beberapa kali melakukan lari secepat-cepatnya dari permulaan tempat berdiri ke papan tolakan ke tempat permulaan akan melakukan awalan. Setelah tepat baru diukur.
  3. Si pelompat mencoba  beberapa kali melakukan lari secepat-cepatnya dari permulaan tempat berdiri ke papan tolakan dari papan tolakan ke tempat permulaan akan melakukan awalan. Setelah tepat baru diukur walaupun sudah menetapkan ukuran untuk mengambil awalan dengan tepat. Untuk menjaga kemungkinan-kemungkinan terjadi kegagalan melakukan tolakan, biasanya si pelompat membuat dua buah tanda yaitu tanda I dan II.




b.    Tolakan

Tolakan adalah perpindahan dari kecepatan horizontal ke kecepatan vertical yang dilakukan dengan cepat dan kuat untuk mengangkat tubuh ke atas melayang di udara (1998 : 45).    Dalam melompat jauh, biasanya kita melakukan tolakan terkuat dengan kaki, dibantu dengan ayunan kaki dan ayunan kedua tangan ke depan ke arah atas.

Jika si pelompat dapat menggabungkan kecepatan awal dengan kekuatan tolakan kaki, ia akan membawa seluruh tubuh ke atas ke arah  depan melayang di udara. Jadi si pelompat dapat membawa titik berat badan ke atas, melayang di udara ke arah depan dengan waktu lama. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan tolakan diantaranya :
  1. Tolakan dilakukan dengan kaki yang kuat. Bagian telapak kaki yang kuat untuk bertumpu adalah cenderung pada bagian tumit terlebih dahulu dan berakhir pada bagian ujung kaki.
  2. Sesaat akan bertumpu sikap badan agak condong ke belakang
  3. Bertumpu sebaiknya tepat pada papan tumpuan
  4. Saat bertumpu, kedua lengan ikut diayunkan ke depan atas.
  5. Pada kaki ayun diangkat ke depan setinggi pinggul dalam posisi lutut ditekuk. 

c. Sikap Badan di Udara

Sesuai dengan pendapat (Drs. Eddy Suparman, 1995) yang mengkhususkan gaya jongkok sebagai penelitian teknik badan saat di udara setelah kaki kiri bertumpu. Maka kaki kanan diayun dengan cepat ke arah depan. Pada saat mencapai titik tertinggi sikap badan, kaki seperti duduk atau jongkok. Setelah bergerak turun kedua kaki dijulurkan ke depan, badan cenderung ke depan dan perhatian tertuju pada pendaratan.








Cara melakukannya sebagai berikut :
  1. Bersamaan melakukan tolakan, kaki diayun ke depan ke arah atas.
  2. Saat badan melayang di udara, kaki diturunkan. Bersamaan dengan itu, pinggul didorong ke depan, kapala ditengadahkan, dada dibusungkan dan kedua tangan ke atas arah belakang.
  3. Saat akan mendarat, kedua kaki diayunkan ke depan, badan dibungkukkan dan kepala ditundukkan siap untuk mendarat.


d.    Pendaratan

Pendaratan merupakan tahap akhir dari rangkaian gerakan lompat jauh. Hal-hal yang perlu diperhatikan menurut (Drs. Eddy Suparman, 1999) adalah sebagai berikut :
  1. Harus dilakukan dengan sadar agar gerakan yang tidak perlu dapat dihindari
  2. Untuk menghindari rasa sakit atau cedera pendaratan sebaiknya dilakukan dengan kedua belah kaki sejajar dan tumit terlebih dahulu mendarat di pasir dengan posisi mengepit
  3. Sebelum tumit menyentuh pasir, kedua kaki harus benar-benar diluruskan/dijulurkan ke depan. Usahakan agar jarak antara     kedua kaki jangan terlalu berjauhan, karena semakin lebar jarak antara kedua kaki berarti akan semakin mengurangi jauhnya lompatan
  4. Untuk menghindari agar tidak jauh duduk pada pantat, maka setelah tumit berpijak di pasir, kedua lutut segera ditekuk dan badan dibiarkan condong terus jauh ke depan
  5. Setelah melakukan pendaratan jangan keluar atau kembali ke tempat awalan melewati/menginjak daerah pendaratan dengan papan tumpuan

Faktor Yang Mempengaruhi Lompat Jauh

Faktor yang mempengaruhi prestasi lompat jauh menurut Suharto dalam bukunya dalam bukunya "Kesegaran Jasmani dan Peranannya disebutkan :
  1. Kecepatan (speed) adalah kemampuan untuk memindahkan sebagian tubuh atau seluruhnya dari awalan sampai dengan pendaratan. Atau bertumpu pada papan / balok sewaktu melakukan lompatan, kecepatan banyak ditentukan kekuatan dan fleksibelitas
  2. Kekuatan (Strenght) adalah jumlah tenaga yang dapat dihasilkan oleh kelompok otot pada kontraksi maksimal pada saat melakukan pekerjaan atau latihan dalam melakukan lompatan
  3. Daya ledak adalah kemampuan otot dalam melakukan tolakan tubuh melayang di udara saat lepas dari balok tumpu
  4. Keseimbangan adalah kemampuan untuk mempertahankan suatu sikap tubuh tertentu secara benar dari awal melakukan lompatan sampai selesai melakukan lompatan
  5. Keterampilan adalah kemampuan untuk melakukan suatu gerakan motorik secara benar
  6. Koordinasi adalah hal yang harus dimiliki oleh seorang atlet untuk dapat mengkoordinasikan gerakan maju dengan kebutuhan naik.
Faktor non teknis juga dapat berpengaruh dalam hal ini, faktor yang mempengaruhi tersebut antara lain :
  1. Motivasi dari orang tua
  2. Guru dan pelatih yang propesional
  3. Adanya dana yang cukup
  4. Lingkungan yang baik
  5. Organisasi yang baik
  6. Dukungan masyarakat

Surat Permohonan





Yang terhormat Bapak Walikota Salatiga .Salam sejahtera untuk Bapak Walikota.Saya adalah salah satu siswi dari sekian ratus siswa SMP Negeri 2 Salatiga.Ikut berbangga ,karena Kota Salatiga telah memiliki Walikota yang baru.Kami berharap dengan adanya walikota yang baru  bapak pimpin ,dunia pendidikan di Kota Salatiga mendapat prioritas dari sekian banyak program yang menjadi prioritas utama di Salatiga.Mengingat dunia pendidikan Salatiga ,selangkah tertinggal dibandingkan dengan kota-kota lain di Jawa.Maka dari itu dengan adanya walikota yang baru ,kami berharap banyak.Kota Salatiga nantinya dapat menjadi Kota Pendidikan dan sejajar dengan kota-kota besar lainnya seperti Semarang,Solo,Jogja.
Dan yang pasti kami berharap agar bapak-bapak praktisi pendidikan dengan adanya walikota yang baru,ikut andil dalam memicu laju pendidikan yang sekian waktu terus dituntut untuk terus mengikuti laju perkembangan pendidikan,sesuai dengan perkembangan teknologi khususnya di bidang pendidikan.Lain dari itu fasilitas dan sarana yang ada di sekolah-sekolah Salatiga dapat dilengkapi dengan fasilitas yang sekirannya menunjang berlangsungnya proses belajar dalam arti fasilitas fisik maupun non fisik .Disamping para guru yang memiliki ambisius untuk memajukan sekolah.
Juga tuntutan kemajuan teknologi,yang mengharuskan guru.Bukan sekedar pahlawan pendidikan namun juga merupakan pekerja profesional yang betul-betul menguasai profesi sebagai seorang pengajar.Serta mampu menyerap teknologi khususnya bidang pendidikan.Dan penerapannya sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan Dinas Pendidikan Nasional.Untuk itu perlu adanya komunikasi antara guru dan wali murid.Agar dunia pendidikan khususnya Kota Salatiga dapat sejajar dengan kota-kota pendidikan lainya.Semua itu tidak lepas dari para praktisi pendidikan yang dapat mencari trobosan –trobosan baru agar kualitas pendidikan di Kota Salatiga menjadi lebih maju.
Ditambah lagi dengan adanya RSBI,akan merangsang dan memicu siswa untuk berkompetisi meraih prestasi.Ini merupakan langkah yang nantinya sedikit demi sedikit penerapan kurikulum disekolah RSBI dapat diterapkan di sekolah regular.Yang semua itu memerlukan biaya operasional dari sekolah masing-masing.Sehingga tidak memberatkan para wali murid dan siswa.Karena maju mundurnya sekolah itu tidak lepas dari biaya operasional yang memang membutuhkan biaya tinggi.Mampikah anak-anak ekonomi rendah dapat bersekolah di sekolah–sekolah yang maju,otomatis berbiaya tinggi.Yang sekirannya tingkat kecerdasan dari para siswa berani bersaing meraih prestasi.
Ini semua menjadi PR bagi Pemerintah agar para siswa ekonomi rendah dapat masuk di sekolah-sekolah yang maju.Untuk mewujudkan tingkat pendidikan yang tinggi diperlukan keadaan lingkungan yang bersih.Yang nantinya dapat membantu siswa dalam proses belajar mengajar.
Menengok ke belakang mengenai posisi Kota Salatiga sebagai kota peristirahatan tidak lepas dari faktorkebersihan yang selama ini selalu jadi propaganda kota-kota besar lainnya untuk mendapatkan predfikat kota Bersih .Berangkat dari factor tersebut jauh-jauh hari Kota Salatiga telah beranjak gencar ikut memprogramkan hari Jumat bersih yang semua itu bukan hanya di lingkup sekolah tetapi semua itu instansi terkait dan masyarakat seluruh Salatiga baik yang bermukim di dalam dan diluar kota harus ikut berperan dalam mewujudkan Kota Salatiga yang kita cintai menjadi bersih.
Bidikannya ialah kawasan-kawasan padat penduduk dan pemukiman sekitar pasar yang selalu tidak lepas dari masalah sampah.Perlu diketahui pemukiman padat penduduk dan lingkungan pasar perlu penanganan khusus karena disitu khususnya daerah pasar ,penghununya para pendatang dari luar kota maupun dalam kota ,yang bekerja dari pagi sampai sore hari .Disinilah perlunya kesadaran dari para pengguna pasar dan perlu adanya perangkat yang nemberikan penerangan tentang perlunya kebersihan dari instansi yang terkait(Dinas Kebersihan).Instansi terkait perlu mengeluarkan propaganda yang sekirannya dapat menarik ewarga untuk menerapkan hidup berih tanpa ada paksaan dan itu akan timbul rasda kesadaran dari masyarakat itu sendiri.
Tindakan yang dapat diambildari instansi terkait untuk menarik warga khususnya pedagang pasar diadakan programjalan santai  dan bersih pasarku yang lambat  laun akan menyadarkan masyarakat betapa pentingnya kebersihan itu.Terlepas dari itu petugas dari Dinas Kebersihan tidak henti-hentinya meberikan penyuluhan pada masyarakat agar tidak terkesan program bersih kota hanya mencari penghargaan yang biasa menjadi program tahunan dari Pemerintah Pusat yang selama ini sering berulang kali.
Yang selama ini diprogramkan hanya untuk mencari penghargaan untuk Kota Bersih setelah program selesai ,dinas terkait biasanya petugas terkait akan merespon kembali.Dan warga akan lupa dengan sendirinya mengenai penting nya kebersihan.Untuk  itu saya sangat berharap ,Kota Salatiga ini tetap menjadi kota peristirahatan yang akan menjadikan tamu kunjungannya merasa nyaman akan keadaan Kota Salatiga yang kita cintai ini berasa asri akan keadaan kota.
Harapan kami pada Bapak Walikota yang terhomat kirannya berkenan merespon dan menjadi bahan pertimbangan program-program yang akan menjadi agenda ke depan .Untuk semuanya dalam kepentingan masyarakat Kota Salatiga khususnya.
Selain dari itu,saya sebagai anak Salatiga mengucapkan selamat pada Kota Salatiga yang telah merayakan hari ulang tahun.Dan ucapan selamat untuk Bapak Yulianto yang saat ini telah memimpin Kota Salatiga.Semoga di bawah kepemimpinan bapak saat ini dapat menjadikan Kota Salatiga menjadi lebih baik dari hari-hari sebelumnya.Khususnya pada bidang pendidikan yang saat ini masih tergolong rendah dari kota-kota lainnya yang ada di Jawa. Dan yang terakhir saya mengucapkan terimakasih atas perubahan yang telah bapak lakukan selama kepemimpinan yang bapak lakukan.
                                                                                   




                                                                                               




                                                                                                            Hormat saya,
                                                                                               
                                                                                               


                                                                                                            Ade Amallia                                                                                       
                                                                                                                                                                                                                                               
                                               
           
  

Pengertian Magnet dan Sifat Sifat Magned





http://jhoeydhyn.blogspot.com(Pengertian Magnet dan Sifat Sifat Magned) – Magnet atau magnit adalah suatu obyek yang mempunyai suatu medan magnet. Kata magnet (magnit) berasal dari bahasa Yunani magnítis líthos yang berarti batu Magnesian. Magnesia adalah nama sebuah wilayah di Yunani pada masa lalu yang kini bernama Manisa (sekarang berada di wilayah Turki) di mana terkandung batu magnet yang ditemukan sejak zaman dulu di wilayah tersebut.

Pada saat ini, suatu magnet adalah suatu materi yang mempunyai suatu medan magnet. Materi tersebut bisa dalam berwujud magnet tetap atau magnet tidak tetap. Magnet yang sekarang ini ada hampir semuanya adalah magnet buatan.
Magnet selalu memiliki dua kutub yaitu: kutub utara (north/ N) dan kutub selatan (south/ S). Walaupun magnet itu dipotong-potong, potongan magnet kecil tersebut akan tetap memiliki dua kutub.
Magnet dapat menarik benda lain. Beberapa benda bahkan tertarik lebih kuat dari yang lain, yaitu bahan logam. Namun tidak semua logam mempunyai daya tarik yang sama terhadap magnet. Besi dan baja adalah dua contoh materi yang mempunyai daya tarik yang tinggi oleh magnet. Sedangkan oksigen cair adalah contoh materi yang mempunyai daya tarik yang rendah oleh magnet.
Penggolongan Benda Berdasarkan Sifat Magnetnya.
Berdasarkan sifat magnetnya benda dibagi menjadi 2 macam yaitu ferromagnetik (benda yang dapat diterik kuat oleh magnet), parramagnetik (denda yang dapat ditarik magnet dengan lemah) dan diamagnetik (benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet).
Contoh ferromagnetik adalah besi, baja, nikel dan kobalt.
Contoh parramagnetik adalah platina dan aluminium.
Contoh diamagnetik adalah seng, dan bismut.
Setiap magnet mempunyai sifat (ciri) sebagai berikut :
(1) dapat menarik benda logam tertentu.
(2) gaya tarik terbesar berada di kutubnya.
(3) selalu menunjukkan arah utara dan selatan bila digantung bebas.
(4) memiliki dua kutub.
(5) tarik menarik bila tak sejenis.
(6) tolak menolak bila sejenis.

Hasil pengolahan dalam dapur


http://jhoeydhyn.blogspot.com/
Hasil pengolahan dalam dapur tinggi antara lain:

1. Besi Kasar

Besi hasil dapur tinggi disebut besi kasar atau ”pig iron” dengan mengandung 3,5 – 4%C, 0,1 – 1,0%P dan 0,02 – 0,08%S.

a. Besi Kasar Putih

Mengandung banyak Mn, sedikit Si dihasilkan pada suhu dapur yang sedang, karena Mn pada suhu tinggi mengoksid kembali, baik sebagai bahan pembuatan baja. Tidak baik sebagai bahan tuangan karena mempunyai sifat keras, getas, lekas membeku, maka biasanya lanagsung dikerjakan pada converter Thomas, Bessemer atau dapur Siemens Martin. Bila % Mn tinggi 5 - 25 % disebut besi kaca. Bila % Mn lebih 60% disebut ferro-mangan (memberikan ketahanan arus)

b. Besi Kasar Kelabu

Besi kasar kelabu lebih lunak dan lebih liat dibandingkan besi kasar putih.
1) Besi kasar kelabu muda
Berbutir halus dengan Si 0,5 - 1 %
Baik sebagai bahan besi tuang, untuk membuat silinder mesin.

2) Besi kasar kelabu hitam
Berbutir kasar. Baik sebagai besi tuang, besi tuang ini diperoleh dengan jalan menuangkan besi kasar dicetakan pasir sehingga SiO2 mudah masuk ke dalam besi. Bila Si 5 - 20 % disebut ferro-silisium (bahan pembuat baja yang keras).

2. Gas Dapur Tinggi
Gas yang keluar dari dapur tinggi selama proses pencairan besi kasar kira-kira 5000 m3 tiap ton besi kasar yang dihasilkan, mempunyai nilai pembakaran 900k.cal/m3 dan mengandung: 35 % gas CO, 12 % gas CO2, 64 % gas N2, + 2 % gas H2.

Karena masih mempunyai panas pembakaran tinggi banyak dipergunakan pada : pemanas Cowper, pembangkit tenaga listrik, pemanas dapur Thomas dan Bessemer. Sebelum digunakan gasa dapur tringgi perlu dibersihkan secara basah atau kering. Debu yang terbawa berjumlah 7 ton setiap hasil besi kasar 100 ton dan mengandung besi, debu ini dikumpulkan dan dibuat sinter atau briket untuk selanjutnya dicairkan dalam dapur tinggi.






3. Terak

Terak dapur tinggi 0,6 - 1,5 ton setiap ton besi kasar yang dihasilkan, sebagian besar terdiri dari silikat calsium, aluminat. Terak dapat dipakai :

a. sebagai pengganti batu alam, untuk mengeraskan jalan
b. sebagai isolator panas, dengan jalan dibuat wol terak terlebih dahulu.
c. bila banyak mengandung P (Ca3(PO4) 2) setelah digiling dapat dipakai sebagai pupuk.
d. dapat digiling halus sebagai pengganti pasir pada bangunan beton
e. dapat dibuat pasir terak dengan menyembur air pada waktu keluar dari dapur tinggi, agar pecah berbutir-butir, dicampur aspal, untuk melapis jalan dengan muatan ringan.
f. untuk mengisi lubang-lubang / tanggul-tanggul.

STRATEGI PEMASARAN






http://jhoeydhyn.blogspot.com/2011/12/strategi-pemasaran.htmlSTRATEGI PEMASARAN PT. JAMU SIDO MUNCUL DIPANDANG DARI PERSPEKTIF INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION


1. Sejarah Singkat PT. Jamu Sido MunculPerusahaan jamu SidoMuncul pada mulanya merupakan sebuah industri rumah tanggayang dimulai pada tahun 1940 yang dikelola oleh Ibu Rahkmat Sulistio dengan dibantuoleh tiga orang karyawan. Sido Muncul memulai usahanya di kota Yogyakarta tentunyamasih dikelola dengan cara yang sangat sederhana dan trasisional.Mesasuki dekade 1950an mulainya banyak perminatan jamu yang lebih praktis dalam bentuk kemasan. Permintaan yang begitu banyak ini mendorong pengelola jamu untuk membuat kemasan jamu dalam kemasans praktis yang berbentuk serbuk. Pada tahun 1951 perusahaan jamu yang sangat sederhana ini dipidahkan ke Semarang dikarenakankependidahan tempat tinggal. Perusahaan jamu yang dibaru tersbeut diberikan nama SidoMuncul yang memiliki makna ”Impian yang terwujud”. Perusahaan jamu tradisional ini pada walnya berlokasi di JL. Mlaten Trenggulun dengan merek jamu Tolak Angin.Prabik jamu Sido Muncul secara perlahan mulai diminai oleh maysyarakat sehingga padatahun 1984 mendahkan tempat produksi jamu ke lingkungan Industri Kecil di Jl.Kaligawe, Semarang supaya dapat mengakomodir permintaan yang masyarakat yangterus meningkatkan. Pada era tahun 1990an awal perusahaan jamu Sido Muncul mulaimenggunakan peralatan mesin modern dalam memproduksi jamu. Pada dekade 1990anini dimulailah produksi jamu secara modern dan pengelolaan perusahaan secara profesional.Tahun 1997 Sido Muncul membangun pabrik baru di Klepu Ungaran dengan lahan seluas29 ha. Pabrik baru diresmikan oleh menteri Kesehatan yang waktu itu dijabat oleh dr.Ahmad Sujudi pada tanggal 11 Nopember 2000. Pada saat peresmian pabrik, SidoMunculsekaligus menerima dua sertifikat yaitu Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) setara dengan farmasi, dansertifikat inilah yang menjadikan PT. SidoMuncul sebagai satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi. Lokasi pabrik sendiri terdiri dari bangunan pabrik seluas 7 hektar,lahan Agrowisata ,1,5 hektar, dan sisanya menjadi kawasan pendukung lingkungan pabrik.PT. Jamu Sido Muncul pada dekade tahun 2000an mulai mengembangkan produknyayang tidak hanya semata-mata jamu tradisional saja tetapi mulai merambah padaminuman berenerji seperti Kuku Bima, premen kesehatan Permen Tolak Angin dan lainuntuk mendongkrak volume penjualan. Saat ini PT Jamu Sido Muncul menjadi perusahaan jamu tradisional yang kuat ditengah-tengah persaingan yang makin kuatkarena di Indonesia sendiri begitu banyak perusahaan yang bergerak dibidang jamutradisional seperti PT. Air Mancur yang juga memiliki posisi yang kuat, PT. DeltomedLaboratories, PT. Jamu Cap Nyonya Meneer, Jamu Jago dan lain lain.

2. Strategi Integrated Marketing CommunicationPT. Jamu Sido Muncul sebagai perusahaan yang sudah mapan tentunya memiliki strategidalam memasarkan produk-produknya. Strategi pemasaran PT. Sido Muncul dalamkegiatan pemasaran ditinjau dari sisi Integrated Marketing Communication adalah

:a. Periklanan Iklan 

merupakan media informasi yang dibuat sedemikian rupa untuk menarik minatkhalayak. Dalam iklan diperlukan orisinal, karakteristik tertentu dan persuasif sehingga para konsumen atau khalayak secara suka rela terdorong untuk melakukan sesuatutindakan sesuai dengan yang diinginkan pengiklan. Secara umum Rhenald Kasali(1995:159) menjelaskan iklan biasanya dibangun atas empat komponen, yaitu:1) Aspek perilaku, merupakan tindakan-tindakan yang diharapkan padacalon pembeli,2) Sikap yang diharapkan, yang menyangkut sikap atau keistimewaan produk,3) Kesadaran, dalam mengembangkan produk-produk baru di pasaran merebut calon pembeli,4) Positioning, sasaran konsumen.Tetapi bila ditinjau secara isi berita jenis iklan dapat dibedakan menjaDi tiga yaitu iklanyang bersifat informatif, persuasif dan pengingat (reminder).Kegiatan periklanan bila dikaitkam dengan kasus Tolak Angin sebagai produk PT. JamuSido Muncul dapat dianalaisa berdasarkan hal-hal di atas. Sangat jelas sekali bahwa PT.Jamu Sido Muncul dalam memasarkan Tolak Angin menggunakan iklan melalui mediamassa terutama di Televisi. Iklan Tolak Angin sangat dikenal dengan taglinenya OrangPintar Tolak Angin. Dalam iklan tolak angin ini ingin mempengaruhi khalayak bahwadalam memilih obat masuk angin perlu minum Tolak Angin. Tagline ini diperkuatdengan visual orang-orang yang sukses dan memiliki otak yang cukup terkenal sepertiRonald Kasali seorang akademisi dan tokoh pemasaran, Lula Kamal, seorang artis dandokter, Agnes Monica yang dikenal orang masyarakat sebagai muda berbakat danmemiliki prestasi akademik dan yang terakhir Anggito Abimanyu, seorang akademisiyang gagal jadi menteri.Iklan Tolak Angin saat ini tidak semata-mata bersifat persuasif semata tetapi di dalamiklan Tolak Angin terdapat informasi-informasi yang menunujukkan bahwa Tolak Angin peduli dengan budaya Indonesia. Hal ini cukup wajar karena secara posisi jamu Tolak Angin sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia karena secara usia produk inisudah lama, maka iklan-iklan Tolak Angin ini sebenarnya lebih bersifat reminder (pengingat) kepada masyarakat. Iklan Tolak Angin bukan lagi sebagai sarana utamauntuk memasarkan produk tetapi menjadi pengingat dan informasi apa saja yangdilakukan oleh Tolak Angin untuk menjaga loyalitas konsumen. Iklan juga digunakanuntuk memperkuat brand Tolak Angin, supaya nama Tolak Angin ini melekat kuat didalam benak khalayak.

b. Promosi Penjualan

PT. Jamu Sido Muncul selain mengunakan medai iklan juga menggunakan strategiPromosi Penjualan (Sales Promotion). Sales promotion yang merupakan kegiatan untuk membujuk secara langsung yang menawarkan insentif atau nilai lebih untuk suatu produk  pada sales force, distributor atau konsumen langsung dengan tujuan utama yaitumenciptakan penjualan yang segera. Promosi penjualan digunakan untuk menjaringkonsumen baru dan terciptanya penjualan yang meningkat dalam waktu dekat. Salah satu bentuk promosi yang dilakukan oleh PT. Sido Muncul dalam memasarkan Jamu Tolak Angin adalah dengan mengemas Jamu Tolak Angin dengan permen Tolak Angin dalamsatu paket. Keuntungan yang di dapat adalah Jamu Tolak Angin dapat terjual dansekaligus mengenalkan produk baru PT. Sido Muncul.Bentuk lain promosi penjualan adalah sebagai Event Sponsorship. Dalam beberapa eventtelevisi Tolak Angin seringkali menjadi sposor utama seperti Realtiy Superstar pada awaltahun 2000an di Indosiar dan sponsor acara musik Karnaval di SCTV. Sebagai sponsor utama Tolak Angin mendapatkan banyak keuntungan, sebagai mana dilansir dalamMalang Post dalam acara Karnaval SCTV di kota Malang pada tanggal 15 Mei 2010dapat mengadakan relaunching produk turunan Tolak Angin yang diperuntukkan bagianak-anak Selain itu keuntungan lain yang di dapatkan oleh Tolak Angin adalah merekadapat menjual secara langsung lewat stand-stand yang disediakan di tempat acara berlangusng dengan memberikan doorprize dan hadiah-hadiah menarik lainnya.

c. Public Relations

Dalam pemasaran tentunya perlu dimbangi oleh reputasi perusahaan maupun produk yang bagus. PT. Sido Muncul ternyata tidak melupakan hal ini, PT. Sido Muncul PT.SidoMuncul. Membangun kawasan Argowisata dengan lahan seluas 1,5 hektar dari lahan7 hektar kawasan yang dimiliki oleh pabrik PT. Jamu Sido Muncul., dan sisanya menjadikawasan pendukung lingkungan pabrik. Pt. Jamu Sido Muncul memberikan akses yangseluas-luasnya untuk kunjungan ke lingkungan pabrik. Dalam kunjungan itu terdapatkegiatan-kegiatan edukasi tentang jamu-jamuan dan tanaman herbal sehingga masyarakatdapat melihat kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungan pabrik. Masyarakat yang datang juga mendapatkan manfaat tentang edukasi tanaman herbal yang berkahsiat bagikesehatan.Kegiatan Public Relations yang diadakan oleh Tolak Angin dalam hal ini tentunya pihak PT. Sido Muncul adalah mengadakan kegiatan Mudik Gratis setiap tahun. PT. Jamu SidoMuncul memfasilitasi para pemudik dengan memberikan pelayan angkutan gratis untuk  pulang kampung yang kebanyakan pesertanya adalah para penjual jamu. Kegiatan inisecara jangka pendek memang tidak terlalu nampak hasilnya tetapi dalam jangka panjangdapat membentuk loyalitas yang tinggi konsumen.

d. Direct Selling

merupakan a system of marketing by which organizations communicatedirectly with target customers to generate a response or transaction (sistem pemasarandimana organisasi berkomunikasi langsung dengan target pelanggan untuk menghasilkantanggapan atau transaksi). Direct Selling ini dapat dilakukan melalui telemarketing, emaildan lain-lain. Kegiatan direct selling dalam kasus Tolak angina ini tidak terlalu nampak 

dipermukaan tetapi strategi direct selling juga dilakukan oleh pihak Tolak Angin. Directselling ini tidaklah langsung dilakukan kepada konsumen tetapi lebih banyak ditujukankepada distributor sehingga distributor dapat menyalurkan produk Tolak Angin secaraluas. Tentanya direct selling yang dilakukan dipadukan dengan program-program yanglain sepertinya insentif atau discount yang merupakan bagian dari sales promosi.

e. Personal Selling

Pemasaran secara personal selling mencakup penjualan melalui orang ke orang secaralangsung. Kaitan dengan personal selling yang dilakukan dalam proses pemasaran Tolak Angin tentunya sangat mempengaruhi volume penjualan. Personal selling Tolak Anginini dilakukan oleh para penjual pedagang eceran di bus-bus. Selain dilakukan oleh pedagang pengecer personal selling ini juga dipadukan dalam kegiatan marekting yanglain sebagai contoh pembukaan stan di suatu event seperti ketika Tolak Angin menjadiseponsor utama Karnaval SCTV, PT Sido Muncul membuka stand yang melayani penjualan langsung dan melalui SPG yang mendatangi pengunjung acara denganmenawarkan produk Tolak Angin. Personal selling ini sangat bagus untuk memberikansebtuhan personal dalam kegiatan marketing dan juga seller dapat memberikan penjelasan manfaat produk kepada calon konsumen.Tentunya dalam kaca mata Integrated Communication Marketing pelaksanaan kegiatan pemasaran yang di atas kadang-kadang dilakukan secara bersama-sama. Seperti misalnyaketika Tolak Angin menjadi sponsorship suatu acar maka di tempat tersebut dibuka standuntuk penjualan secara langsung, atau ketika direct marekting dilakukan maka pihak SidoMuncul akan memberikan diskount-discount atau insetif bagi para pengecer. KegiatanPublik Relation yang diadakan seperti agrowisata di kompleks pabrik Sido Muncul ada program lain seperti sales promosi dengan menjual paket-paket jamu dengan harga yanglebih murah dan juga terdapat proses personal selling.

Jumat (23/11), bertempat di Ungaran, Semarang diadakan peresmian perluasan pabrik Kuku Bima Energi. Pabrik ini diresmikan oleh Juru Kunci Merapi yang juga bintangiklan Kuku Bima Energi, Mbah Marijan dengan didampingi oleh Direktur Utama PTSido Muncul, Irwan Hidayat serta para bintang iklan Kuku Bima Energi lainnya sepertiRieke Diah Pitaloka, Donny Kesuma, Vega Darwanthi, Ade Rai, Chris John, M.Rachman dan Trio Macan. Tampak hadir dalam kesempatan ini adalah seluruh jaringan distribusi Sido Muncul yangmerupakan ujung tombak penjualan produk-produk Sido Muncul yang pada harisebelumnya diadakan acara silaturahmi dengan keluarga besar Sido Muncul.Prosesi peresmian perluasan pabrik diawali dengan musik Sinten Remen pimpinanDjaduk Ferianto dan diteruskan dengan Monolog Butet Kerta Radjasa serta hiburan dari para bintang seperti Vega Darwanthi dan Trio Macan.Perluasan plant produksi Kuku Bima Energi berlokasi di area pabrik PT Sido Muncul Jl.Soekarno Hatta KM 28 Desa Bergas Klepu Ungaran, Kab Semarang. Unit baru inidibangun dengan luas 5.000 m2 dengan luas bangunannya 10.000 m2 . Pada bangunan baru ini dilengkapi sarana yang lebih modern yakni menggunakan high speed machine /mesin berkecepatan tinggi dan mampu melakukan reject terhadap kemasan yang tidak memenui standar, mesin pencampur menggunakan mixer dengan kecepatan tinggisehingga menjamin homogenitas produk, mesin pengering menggunakan dryingconveyor yaitu pengeringan dengan pengkondisian kelembaban sehingga cukupmemerlukan termperatur rendah yang dapat menjamin zat aktif tidak akan rusak, packingsekunder menggunakan mesin yang mampu melakukan kontrol jumlah dengan kecepatanyang tinggi secara otomatis dan sistem racking di semua gudang dapat menjamin pengaturan FIFO dan mempermudah pengelompokan bahan. Bangunan terintegrasi, darigudang bahan sampai produk jadi, ada dalam satu lokasi sehingga menjamin proses yang berkesinambungan dimana tiap ruang dikondisikan (kelembaban dan suhunya) sesuai persyaratan proses produksi yang dilakukan.Dengan adanya perluasan pabrik baru ini Kuku Bima Energi ini bisa diproduksi hingga400 ton / bulan atau 100 juta sachet / shift per bulan, 5 kali lipat dari hasil produksisebelumnya.Irwan Hidayat – Direktur Utama PT Sido Muncul mengatakan sangat bersyukur dengandiresmikannya perluasan pabrik baru Kuku Bima Energi. ”Kami sangat berterima kasihkepada para bintang iklan kami terutama Rieke Diah Pitaloka dan Donny Kesuma yangsejak awal bergabung dengan kami untuk memasarkan produk Kuku Bima Energi turunke pasar-pasar bersama kami. Juga kepada bintang iklan lainnya seperti Wynne Prakusya,Ade Rai, Chris John, M. Rachman, Vega ”Ngatini” Darwanthi, Trio Macan dengan personelnya Lia, Dian dan Eva, Mbah Marijan dan seluruh bintang iklan Kuku BimaEnergi lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Juga kepada seluruh karyawan
dari bagian Produksi, R & D dan seluruh staf yang ikut menjadikan Kuku Bima Energidengan posisi seperti saat ini. Dan yang tak kalah pentingnya juga karena peranan rekanmedia yang membantu program-program khusus kehumasan kami”.Kuku Bima Energi pelopor minuman energi rasa, sejak diluncurkan 23 April 2004 lalulangsung mendapatkan sambutan yang baik dari para konsumen bahkan sudah bisamenempati peringkat dua bahkan satu di beberapa daerah untuk kategori minumanenergi.”Selama 18 tahun minuman energi selalu berwarna kuning, kami adalah yang pertamamengeluarkan minuman energi dengan berbagai rasa selain original, ada rasa anggur, jambu, jeruk, kopi dan teh. Karena permintaan pasar yang terus meningkat inilah makakami putuskan untuk memperluas pabrik Kuku Bima energi”, tambah Irwan.Diharapkan dengan diresmikannya pabrik baru Kuku Bima Energi ini dapatmengantisipasi permintaan pasar sehingga perluasan pabrik dan modernisasi pabrik sesuai keadaan saat ini perlu dijalankan.(PRDept/22/XI/07)

BERGABUNG DAN BERJALANBERSAMA SIDOMUNCUL

Kembali Ke Alam, Untuk Sehat dan Bahagia------------------------------------------------------------Trend kehidupan masyarakat kini makin mengarah pada “ Back To Nature “ atau kembalike alam. Kondisi tersebut juga mendorong total permintaan pada produk-produk  berbahan alamipun meningkat. Untuk Indonesia, yang sudah dikenal sebagai Mega Bio-Diversity, Mega Centre keanekaragaman hayati terbesar di dunia, detailsnya terdapat +300.000 jenis tumbuhan dan + 7000 berkhasiat obat ( 90 % spesies tumbuhan di kawasanAsia ), yang juga menjadi bahan 45 obat penting di Amerika dan 14 spesies diantaranya berasal dari Indonesia.

BERGABUNG DAN BERJALAN BERSAMA SIDOMUNCUL

Kembali Ke Alam, Untuk Sehat dan Bahagia------------------------------------------------------------Trend kehidupan masyarakat kini makin mengarah pada “ Back To Nature “ atau kembalike alam. Kondisi tersebut juga mendorong total permintaan pada produk-produk  berbahan alamipun meningkat. Untuk Indonesia, yang sudah dikenal sebagai Mega Bio-Diversity, Mega Centre keanekaragaman hayati terbesar di dunia, detailsnya terdapat +300.000 jenis tumbuhan dan + 7000 berkhasiat obat ( 90 % spesies tumbuhan di kawasanAsia ), yang juga menjadi bahan 45 obat penting di Amerika dan 14 spesies diantaranya berasal dari Indonesia.

Sadar akan potensi tanaman Indonesia yang alami dan berlimpah, SidoMunculmenjadikannya asset, yang kedepannya akan makin memantapkan diridalam memproduksi obat-obatan alam, serta bertransformasi menjadi industri farmasi.Seluruh proses produksi dijalankan berdasarkan Standard Operation Procedure (SOP) berdasarkan CPOB ( Cara Pembuatan Obat yang Benar ) – setara farmasi, telebihSidoMuncul merupakan perusahaan Jamu pertama di Indonesia yang meperoleh serifikattersebut. Pastinya, seluruh produk SidoMuncul telah lulus uji toksisitas hingga uji khasiatsehingga terjamin uality Controlnya. Selain PT. SidoMuncul juga didukung denganserangkaian fasilitas laboratorium lengkap dan peranan Research Development Dept.Menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, inilah yang selalu diangankan olehSidoMuncul. Tidak hanya dengan menghadirkan produk-produk berkelas yang aman dan berkhasiat, tetapi juga membaur dengan masyarakat melalui program Mudik LebaranGratis para penjual jamu, serta penganugerahan penghargaan bagi insan-insan berdedikasi tinggi di bidang kemanusiaan, SidoMuncul Award.Diatas semuanya, SidoMuncul senantiasa menjaga kualitas produk dan melahirkan berbagai inovasi, guna mengakomodir kebutuhan kesehatan masyarakat.Salam,

IRWAN HIDAYAT Direktur  Utama  PT. SIDOMUNCUL

PT. SidoMuncul bermula dari sebuah industri rumah tangga pada tahun 1940, dikelolaoleh Ibu Rahkmat Sulistio di Yogyakarta, dan dibantu oleh tiga orang karyawan.

Banyaknya permintaan terhadap kemasan jamu yang lebih praktis, mendorong beliaumemproduksi jamu dalam bentuk yang praktis (serbuk), seiring dengan kepindahan beliau ke Semarang , maka pada tahun 1951 didirikan perusahan sederhana dengan namaSidoMuncul yang berarti "Impian yang terwujud" dengan lokasi di Jl. MlatenTrenggulun. Dengan produk pertama dan andalan, Jamu Tolak Angin, produk jamu buatan Ibu Rakhmat mulai mendapat tempat di hati masyarakat sekitar dan permintaannyapun selalu meningkat.Dalam perkembangannya, pabrik yang terletak di Jl. Mlaten Trenggulun ternyata tidak mampu lagi memenuhi kapasitas produksi yang besar akibat permintaan pasar yang terusmeningkat, dan di tahun 1984 pabrik dipindahkan ke Lingkungan Industri Kecil di Jl.Kaligawe, Semarang.Guna mengakomodir demand pasar yang terus bertambah, maka pabrik mulai dilengkapidengan mesin-mesin modern, demikian pula jumlah karyawannya ditambah sesuaidengan kapasitas yang dibutuhkan ( kini jumlahnya mencapai lebih dari 2000 orang ).Untuk mengantisipasi kemajuan dimasa datang, dirasa perlu untuk membangun unit pabrik yang lebih besar dan modern, maka di tahun 1997 diadakan peletakan batu pertama pembangunan pabrik baru di Klepu, Ungaran oleh Sri Sultan Hamengkubuwonoke-10 dan disaksikan Direktur Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan saat itu, Drs.Wisnu Kaltim.Pabrik baru yang berlokasi di Klepu, Kec. Bergas, Ungaran, dengan luas 29 ha tersebutdiresmikan oleh Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia, dr.Achmad Sujudi pada tanggal 11 November 2000. Saat peresmian pabrik, SidoMunculsekaligus menerima dua sertifikat yaitu Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) setara dengan farmasi, dansertifikat inilah yang menjadikan PT. SidoMuncul sebagai satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi. Lokasi pabrik sendiri terdiri dari bangunan pabrik seluas 7 hektar,lahan Agrowisata ,1,5 hektar, dan sisanya menjadi kawasan pendukung lingkungan pabrik.Secara pasti PT. SidoMuncul bertekad untuk mengembangkan usaha di bidang jamu yang benar dan baik. Tekad ini membuat perusahaan menjadi lebih berkonsentrasi daninovatif. Disamping itu diikuti dengan pemilihan serta penggunaan bahan baku yang benar, baik mengenai jenis, jumlah maupun kualitasnya akan menghasilkan jamu yang baik.

Untuk mewujudkan tekad tersebut, semua rencana pengeluaran produk baru selaludidahului oleh studi literatur maupun penelitian yang intensif, menyangkut keamanan,khasiat maupun sampling pasar. Untuk memberikan jaminan kualitas, setiap langkah produksi mulai dari barang datang , hingga produk sampai ke pasaran, dilakukan dibawah pengawasan mutu yang ketat.Seluruh karyawan juga bertekad untuk mengadakan perbaikan setiap saat, sehinggadiharapkan semua yang dilakukan dapat lebih baik dari sebelumnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

 

http://www.jhoeydhyn.blogspot.com | |